Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Terkait Covid-19, Uspika Onan Ganjang Sebar Himbauan Hingga Pelosok Desa

Sunday, 22 March 2020 | 08:52 WIB
Reporter: Jhon S
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 243

Onanganjang, liputanfaktanews.com-Menindaklanjuti arahan dan himbauan Forkopimda Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, Uspika Kecamatan Onan Ganjang menyampaikan himbauan tentang kewaspadaan terhadap virus corona (Covid-19), Sabtu, 21/03/2020.

Tujuan himbauan tersebut dilakukan untuk mngedukasi maayarakat serta mencegah dan memutus rantai penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) dan sebagai upaya peningkatan kewaspadaan meluasnya wabah Covid-19 ini di wilayah Kecamatan Onan Ganjang.

Pantauan media di lapangan, bahwa isi himbauan tentang kewaspadaan terhadap Virus Carona (Covid19) tersebut langsung di tanda tangani Camat Onan Ganjang Ferry J. Sitorus, S. Sos, M.AP, Kapolsek Onan Ganjang Iptu Nover P. Gultom, S. Sos, Danramil Onan Ganjang Josep Sembiring dan Kepala UPT. Puskesmas Onan Ganjang dr. Sisca Lorenta Silalahi.

dr. Sisca Silalahi Kepala UPT. Puskesmas Onanganjang mengatakan, himbauan tersebut sudah di sebarluaskan dan di tempelkan di tempat-tempat umum seperti, Gereja dan kedai (lapo) serta tempat yang lain di seluruh Desa se-kecamatan Onan Ganjang.

“Uspika kecamatan Onan Ganjang bekerja sama dengan Puskesmas Onan Ganjang serta Petugas Kesehatan Desa langsung bergerak untuk menempelkan himbauan dan poster serta melakukan himbauan kepada warga sekecamatan onan Ganjang dengan menggunakan mobil Pusling dan pengeras suara,” tegas dr. Sisca Lorenta Silalahi.

Adapain isi Himbauan tersebut adalah:
1.Menjaga kesehatan dan kebugaran untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh dengan cara istirahat cukup, konsumsi sayur dan buah, olahraga teratur, hindari sterss dan tidak merokok(karena merokok dapat merusak sisitem imum tubuh kita).

2.Menjaga kebersihan diri dan rajin cuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir minimal 20 detik.

3.Batuk dan bersin menggunakan lengan bagian dalam (bukan telapak tangan) atau dapat menggunakan tissu lalu buang ketempat sampah.

4.Hindari memegang hidung, mulut dan wajah sebelum mencuci tangan.

5.Gunakan Masker ketika anda sakit dan kurangi kontak dengan orang lain.

6.Sebisa mungkin hindari keramaian.

7.Konsumsi makanan yang dimasak sampai matang.

8.Hindari kontak dengan Hewan liar.

9.Jaga jarak saat berbicara dengan orang lain, terutama yang sedang batuk sekurang-kurangnya satu meter, untuk menghindari percikan ludah.

10.Hindari berjabat tangan dan kontak fisik lainnya.

11.Hindari perjalanan keluar daerah yang terjangkit virus carona.

12.Konsumsi Suplemen/vitamin bila perlu.

13.Jika mengalami gejala demam di atas 30 Dirajat Selsus, Batuk, Pilek, Sakit tenggorokan, sesak napas dan memiliki riwayat bepergian dari luar daerah segera memeriksa diri ke Puskesmas Onan Ganjang.

14.Selama 14 (Empat Belas) hari pastikan anggota keluarga tidak bepergian keluar daerah dan tetap tinggal di rumah untuk memutuskan rantai penularan Virus Corona, terutama anak sekolah yang sedang di liburkan, agar tetap belajar di rumah selama waktu yang ditentukan.

15.Bila ada tamu/pendatang di lingkungan kita maupun masyarakat Kecamatan Onan Ganjang yang baru datang dari luar daerah Humbang Hasundutan, wajib melaporkan diri kepada kepala Desa, agar dilakukan pemeriksaan dan Edukasi oleh Bidan Desa setempat.

Uspika Kecamatan Onan Ganjang juga memberitahukan kepada semua masyarakat Kecamatan Onan Ganjang agar jangan panik dan kita tetap dapat menjaga diri masing-masing dan bersama-sama diharapkan melakukan pencegahan terhadap virus carona serta jangan cepat percaya kepada berita Hoaks tentang Virus Cavid 19.

Camat Onan Ganjang, Ferry J. Sitorus, S. Sos, M.AP,  saat dikonfirmasi mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 perlu kita cegah dan waspadai. Pemerintah dalam hal ini Uspika Kecamatan Onan Ganjang  menghimbau warga agar selalu kooperatif dengan himbauan ini. 

“Kita minta kerjasama masyarakat dengan pemerintah, untuk mematuhi himbauan ini, dan meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik dengan berita-berita yang berkembang seputar Covid-19,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek Onan Ganjang,  Iptu Nover P. Gultom, S.Sos agar masyarakat kecamatan Onan Ganjang turut serta menjaga kekondusifan ditengah mewabahnya Covid-19 ini.

“Ini tanggungjawab dan tugas kita bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19, saya juga menghimbau masyarakat agar bijak dalam menyaring berita seputar Covid-19,karena siapapun yang menebar berita hoax terkait Covid-19 akan kita tindak sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: