Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Papatar, Jhoni Allen : Pancasila Sudah Final

Sunday, 19 July 2020 | 14:52 WIB
Reporter: Lamhot Lumban Gaol
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 78

Humbahas, liputanfaktanews.com-Pentingnya pemahaman 4 Pilar Kebangsaan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa kedepan dan menekankan Pancasila sudah final dan mengikat sehingga tidak bisa diganggu gugat atau diusik lagi.

Hal itu disampaikan Anggota DPR-MPR RI dari partai Demokrat Jhoni Allen Marbun dalam acara Sosialisasi Empat Pilar di hadapan masyarakat Papatar serta beberapa tokoh masyarakat Papatar di Gedung Serba Guna HKBP Sihombu, Tarabintang Humbang Hasundutan, Sabtu, 11/7/2020.

Lima Sila dalam Pancasila sudah final dan tidak bisa diperas lagi untuk.menjadikannya Trisila atau Ekasila. Ke-5 sila yang terkandung dalam Pancasila itu saling berkaitan sebagai ideologi bangsa ini. 

Allen mengatakan secara tegas bahwa ideologi dasar kita sudah selesai tidak ada tambahan maupun pengurangan.

“Pancasila bagi kita, makna dan penjabarannya sudah final. Tidak perlu ditambah dan dikurangi itu sudah menjadi ideologi Negara Indonesia sejak kita Merdeka sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Amanat UU MD3, lanjut Allen menugaskan anggota MPR-RI untuk mensosialisasikan 4 Pilar MPR-RI yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 dan Ketetapan MPR-RI sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara.

Disinggung mengenai RUU HIP, Allen meminta masyarakat jangan terlalu terganggu dengan RUU HIP, sebab Empat Pilar kebangsaan sudah final. Pemerintah  juga tetap memiliki itikad baik bagaimana Indonesia tetap satu.

Jika semua Masyarakat menerapkan nilai yang ada dalam 4 Pilar Kebangsaan, efeknya akan positif untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Misalnya, dalam paparannya Jhoni Allen Marbun mencontohkan empat Pilar MPR-RI ini selaras dengan falsafah hidup masyarakat Batak yaitu Dalihan Natolu. Somba Marhula-hula bisa kita implementasikan sebagai wujud dari kepatuhan kita kepada Negara dan Konstitusi yang mengaturnya, kita wajib menghormati negara dan konstitusi kita, Manat Mardongan Tubu bisa kita implementasikan dalam hal pergaulan sesama anak bangsa, walau kita berbeda-beda kita harus senantiasa saling menghormati, dan Elek Marboru bisa kita implemantasikan dalam hal berhubungan baik antara masyarakat dengan penyelenggara pemerintahan, harus ada istilah massianjuan tetapi harus juga bisa saling mengingatkan bila ada hal-hal yang kurang pas yang dilakukan oleh pemerintah namun dengan konsep holong. Dengan adanya itu, sehingga kehidupan kita berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Disebutkan anggota Fraksi Demokrat DPR RI tersebut, NKRI sudah harga mati. Untuk itu betapa pentingnya empat pilar MPR RI tersebut.  Dengan Empat Pilar Indonesia tetap eksis, kuat karena kita beda-beda bahasa, budaya, agama dan suku.

Kegiatan yang dihadiri Camat Tarabintang Binsar Marbun, Plt. Kades Sihombu Baktiar Pane, tokoh masyarakat Parlilitan Ucok Guntur Marbun, tokoh masyarakat Tarabintang Antonius Marbun, tokoh masyarakat Pakkat serta sekitar 150 warga Papatar tersebut, masyarakat menyampaikan beberapa aspirasi kepada anggota DPR/MPR RI, Jhoni Allen Marbun .

Camat Tarabintang Binsar Marbun sangat mengapresiasi Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini.

“Salut dengan bapak Jhoni Allen Marbun yang selama ini memang sudah dikenal sangat dekat dengan masyarakat utamanya masyarakat yang tinggal di pedesaan. Beliau selalu aktif memberikan penyuluhan terkait aturan dan undang-undang kepada masyarakat sehingga masyarakat luas  semakin memahami aturan sebagai warga negara Republik Indonesia. Bapak Jhoni Allen Marbun juga kita kenal sebagai Anggota DPR RI yang sangat rajin turun ke daerah pemilihannya, menjemput dan mendengar aspirasi masyarakat sampai ke pelosok-pelosok Desa untuk diperjuangkan di DPR-RI utamanya dengan mitra kerja beliau di DPR RI”, ujar Binsar Marbun.

Dalam kesempatan itu, Jhoni Allen Marbun menerima semua aspirasi masyarakat dan memohon doa dari masyarakat agar harapan masyarakat Papatar dapat segera bisa direalisasikan melalui perjuangannya di DPR RI.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: