Liputan Fakta News
NEWS TICKER

SMK Negeri 1 Onan Ganjang Terapkan Belajar Sitem Daring

Tuesday, 7 April 2020 | 13:48 WIB
Reporter: Lamhot Lumban Gaol
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 558

Humbahas, liputanfaktanews.com-Menindaklanjuti surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara tentang pelaksanaan proses belajar-mengajar di jenjang SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta di Sumatera Utara, Hal ini dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 dilingkungan pendidikan di Sumatera Utara, SMK Negeri 1 Onan Ganjang terapkan belajar dengan sisitem Daring, Selasa, 7/4/2020.

Drs. Albert Naibaho Kepala sekolah SMK Negeri 1 Onan Ganjang Mengatakan, Menyikapi surat tersebut, SMK Negeri 1 Onan Ganjang Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, langsung bergerak cepat menerapkan pembelajaran dengan sistem daring (Online) bagi para siswa-siswi selama mereka di rumahkan agar tidak ketinggalan pelajaran.

Lebih lanjut Drs. Albert Naibaho mengatakan, Meski para siswa-siswi di rumahkan kita tetap melaksanakan KBM sebagai bentuk respon dalam menyikapi surat edaran dari kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara perihal proses pembelajaran.

Kita melaksanakannya dengan menggunakan dengan bentuk WA grub, Via Email dan komunikasi langsung melalui Video Vall” Ucap Albert Naibaho

Ia juga mengatakan, jika biasanya kegiatan belajar mengajar berlangsung secara tatap muka di sekolah, kini para siswa mendapatkan pembelajaran di rumah masing-masing melalui sistem online atau daring dari guru yang membawakan mata pelajaran.

“Saat ini sistem pembelajaran sudah kita terapkan pada siswa-siswi, guru yang bersangkutan bisa memberi materi pembelajaran selama siswa-siswi belajar di rumah.

Untuk mendukung proses belajar di SMK Negeri 1 Onan Ganjang dengan sisten Daring, pihak sekolah menyediakan Ipad sebanyak 76 buah dan di pinjamkan kepada siswa-siswi selama pembelajaran Daring. tetapi pada saat ini masih banyak kendala yang kita hadapi dalam sitem daring maupun sistem yang lain, dengan demikian tidak bisa berjalan dengan maksimal”. tegasnya

Ia menjelaskan sekaligus menghimbau bagi orang tua yang sekolah putra-putrinya di liburkan, agar mengawasi putra-putrinya dalam beraktivitas. Sebaiknya mereka tetap dalam pengawasan dan dalam pendampingan orang tua,” Ucapnya

Drs. Albert juga banyak menjelaskan sitem Daring selain kreativitas dan inovasi pembelajaran online dari guru, salah satu syarat utama agar belajar dari rumah bisa maksimal adalah adanya kemandirian siswa dalam belajar. Sebab, sistem belajar online kontrol dan dampingan dari guru secara langsung. Lewat sedikit arahan dan panduan dari guru, terutama dalam penggunaan aplikasi belajar online, untuk selanjutanya siswa di harapakan memiliki kesadaran untuk belajar secara mandiri.

Kita tau salah satu tujuan pendidikan pada dasarnya adalah untuk menanamkan semangat belajar dalam diri siwa. Anak di rangsang agar melakukan proses belajarnya masing-masing secara mandiri. Maka saat-saat belajar dari rumah secara daring menjadi saat yang berharga untuk melatih anak belajar secara mandiri.

Maka, di samping menjadi kesempatan melatih kemandirian siswa dalam belajar, momen belajar di rumah juga bisa menjadi kesempatan berharga bagi orang tua untuk membangun komunikasi yang intens dengan anak. Orang tua bisa meluangkan waktu menemani anak belajar, juga membangun kreativitas anak lewat berbagai aktivitas bersama yang bermanfaat”.Ucap Drs. Albert Naibaho dengan santai.

Drs. Alber juga berpesan, di tengah situasi darurat covid-19 saat ini, orang tua di harapkan mampu mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan yang bermakna. Misalnya, berdiskusi bersama untuk lebih mengenal Covid-19, penularannya, gejalanya dan cara menagkalnya.

Di akhir kata Drs. Albert Naibaho mengatakan, peran guru dan orang tua memang mendasar dalam mendukung proses anak belajar di rumah. Keduanya mesti membamgun kolaborasi demi memaksimalkan kegiatan belajar anak. Kreativitas guru dalam menghadirkan pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan akan sangat menentukan besarnya atensi siswa terhadap kegiatan belajar daring tersebut. Sedangkan pendamping dan keaktifan oramg tua dalam menemani anak, akan menentukan sejauh mana kegiatan belajar di rumah akan bermamfaat dan bermakna.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: