Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Selamat Menempuh Ujian, Sebanyak 1.124 Peserta Ikuti Ujian CPNS di Humbahas

Monday, 17 February 2020 | 11:33 WIB
Reporter: Lamhot Lumban Gaol
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 281

Humbahas, liputanfaktanews.com-Hari ini, sebanyak 600 peserta dari 1.124 peserta mengikuti ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Humbang Hasundutan tahun 2020, yang berlangsung di Pendopo Bukit Inspirasi perkantoran Bupati Humbang Hasundutan, Senin, 17/2/2020.

Pada hari pertama ujian, peserta dibagi menjadi empat sesi. Setiap sesi, sebanyak 150 peserta akan memasuki ruang ujian.  Sedangkan waktu yang dibutuhkan  selama ujian hanya 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal.

“Apabila peserta seleksi tidak hadir atau terlambat pada jadwal yang telah ditentukan maka peserta tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur,” terang Kepala BKD Humbang Hasundutan, Domu Lumban Gaol di lokasi Ujian.

Pantauan awak media dilokasi ujian, penjagaan sangat ketat. Peserta ujian dipintu masuk harus lebih dulu menunjukkan identitas diri berupa KTP asli. Setelah itu, peserta akan menuju ruang penitipan barang, dimana peserta ujian akan membuka sepatu dan kaus kaki dan menitipkan segala barang bawaaan, mulai dari tas, dompet, ikat pinggang.

Peserta ujian hanya diperbolehkan membawa kartu ujian dan identitas diri ke dalam ruang ujian.

Sebelum masuk ke ruang ujian, panitia lebih dahulu memberi pengarahan dan semangat dan motivasi kepada peserta.

Panitia dari BKN perwakilan Sumut dalam arahannya mengajak peserta ujian untuk tetap semangat dalam mengerjakan soal.

“Tetap semangat, berdoalah sebelum ujian dimulai, kelulusan saudara ditentukan oleh saudara sendiri,” ujar Ibu Manungkalit dari BKN Perwakilan Sumut.

Hal senada juga di katakan Kepala BKD Humbang Hasundutan, Domu Lumban Gaol dalam arahannya kepada peserta mengatakan bahwa passing grade kelulusan ujian CPNS tahun 2020 ditentukan dengan nilai TIU 80, TKP 126, TWK 65 sesuai dengan Permenpan Nomor 24 Tahun 2019.

Kepala BKD Humbahas juga menghimbau kepada peserta untuk tidak percaya dan terpengaruh dengan seseorang atau orang lain yang memberi iming-iming bisa meluluskan CPNS.

Ditambahkannya, pelaksanaan ujian CPNS tahun 2020  adalah program nasional. Dan pelaksanaannya menggunakan sistem Computer Asssited Test (CAT).

“Diharapkan pelaksanaan ujian SKD dan seluruh rangkaian ujian seleksi penerimaan CPNS dapat berlangsung secara tertib, bersih dan transparan, karena ujian seleksi CPNS ini telah menggunakan aplikasi secara elektronik dan tersistematik,” ujar Domu.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE melalui Kepala BKD Humbang Hasundutan, Domu Lumban Gaol dalam pesannya menyampaikan Selamat Menempuh Ujian kepada peserta. Bupati meminta kepada peserta ujian untuk tidak mudah terprofokasi dengan issue yang tidak baik tentang penerimaan CPNS ini, karena yg menentukan keberhasilan itu adalah para calon peserta sendiri, sejauh mana kita bisa menjawab dengan benar, maka akan dapat mencapai passing grade yang telah ditentukan.

“Saya mengimbau kepada seluruh peserta ujian seleksi CPNS, kiranya dapat mengikuti setiap tahapan ujian secara tertib dan jujur serta berkompetisi dengan sehat dalam menyelesaikan soal ujian,“ sebut Domu menyampaikan pesan Bupati Humbang Hasundutan.

Bupati juga berpesan kepada panitia dan pengawas seleksi ujian CPNS ini agar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dan obyektif serta akuntabel sehingga nantinya dapat menghasilkan CPNS yang berkualitas dan memenuhi keahlian serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Bagi yang lulus nantinya, semoga kelak bisa bergabung dengan Pemkab Humbahas untuk menunjukkan pengabdian terbaik yang didasari dengan semangat loyalitas, dedikasi yang tinggi dan pengabdian yang terbaik, karena letak kebahagiaan PNS itu ada pada keikhlasan dalam mengabdi kepada masyarakat,“ tutup Domu menyampaikan pesan Bupati.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: