Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Ribuan Masyarakat Hadiri Rembuk Petani di Paranginan

Tuesday, 18 February 2020 | 16:44 WIB
Reporter: Jhon S
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 216

Humbahas, liputanfaktanews.com-Ribuan Masyarakat dari 11 (sebelas) desa yang ada di Kecamatan Paranginan menghadiri Rembuk Petani dan Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Lumban Barat, Selasa, 18/2/2020.

Dilansir dari Diskominfo Humbahas, kegiatan ini dihadiri Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, Anggota DPRD, Kepler Torang Sianturi, Sekdakab Drs Tonny Sihombing dan para pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat Paranginan, Parlin Siahaan, ST dan Kepala Desa se Kecamatan Paranginan.

Dalam kegiatan rembuk petani itu, juga dilaksanakan pelayanan kesehatan, pelayanan KB, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil termasuk penanaman bawang putih.

Dalam rembuk petani itu, masyarakat mendapat bimbingan dan pembinaan bagaimana cara bertani dan beternak yang benar. Bagaimana menghadapi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam kehidupan sehari-hari. Saling tukar informasi sangat banyak dapat dalam rembuk petani.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan rembuk petani dilaksanakan untuk memberikan semangat baru dan motivasi bagi para petani dan sebagai wahana pertukaran informasi dan berbagi pengalaman antar petani dalam bidang pertanian dan peternakan.

Juga merupakan salah satu cara agar tercipta komunikasi dua arah antara petani dengan pemerintah. Sehingga kedepan dapat mewujudkan petani yang kompeten serta tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Melalui acara rembuk petani ini diharapkan, kehidupan masyarakat petani akan berubah ke arah yang lebih baik lagi.

Tanpa mengesampingkan tanaman yang lain, diharapkan agar petani fokus ke lima (5) jenis tanaman yaitu kentang, jagung, bawang, kopi dan padi. Karena pemerintah sudah menyiapkan bibit-bibit namun harus melalui kelompok tani. Harga juga sudah dijamin pemerintah.

Dalam kegiatan itu, Pemkab Humbahas memberikan secara simbolis bantuan makanan tambahan ibu hamil dan Balita, penyerahan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, KTP, Akta Perkawinan dan lainnya termasuk alsintan.

Pada kesempatan itu, Kepler Sianturi yang lebih dikenal dengan K.T. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan yang memberikan perhatian kepada masyarakat Paranginan secara khusus dalam bidang pertanian.

Kepler Sianturi menceritakan bagaimana pengalamannya dalam pemerintahan Bupati Dosmar Banjarnahor selama kurun waktu 4 (empat) tahun.

Salah satu pengalamannya ketika membangun jalan hotmix Lumban barat sampai ke Nagasaribu, Beliau bertanya “Pak Sianturi, pembangunan apa yang dibutuhkan masyarakat Paranginan saat ini?” saya jawab “pengaspalan jalan Lumban barat – Nagasaribu. Dan pengaspalan itu jadi,” kata Kepler Sianturi.

Kepler Sianturi menambahkan, kesederhanaan Bupati Dosmar dan keberpihakannya pada masyarakat secara khusus masyarakat petani telah banyak membawa perubahan. Banyaknya bantuan-bantuan alat-alat pertanian, bantuan bibit, pembanguan jalan sampai sentra pertanian dan bahkan pembinaan berulang-ulang terhadap petani baik sudah membawa petani kita pada kehidupan yang lebih baik. Semua ini kalau mengandalkan APBD Kabupaten Humbang Hasundutan itu mustahil, tetapi karena Bupati Dosmar bisa meyakinkan pemerintah pusat ataupun provinsi, sehingga bantuan-bantuan ini bisa terealisasi ke Humbang Hasundutan.

Sementara itu tokoh masyarakat, Elton Siburian menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama rombongan pada acara Rembuk Petani di kampung halaman mereka. Kehadiran Bupati bukan semata-mata karena acara tetapi karena ada tali kasih dengan masyarakat Paranginan.

“Ndang di jou badan alai nadijou tondi do” ujarnya.

Sebagai rasa terimakasih masyarakat Paranginan, tokoh masyarakat memberikan ulos kepada Dosmar Banjarnahor sebagaimana dilaksanakan dalam adat batak.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: