Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Refocusing Anggaran Dana Desa Untuk Warga di Luar Penerima PKH

Thursday, 9 April 2020 | 08:46 WIB
Reporter: M. Simanungkalit
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 295

Taput, liputanfaktanews.com-Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, tegaskan akan refocusin anggaran Dana desa untuk penanggulangan penyebaran Covid-19 rabu, 8/4/2020.

Bupati yang juga ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengakui, dalam penanganan pandemi Covid-19. Refocusing dan Realokasi anggaran APBD tahun 2020 Pemkab.Tapanuli Utara tidak akan sanggup.

“Kalau APBD menangani Tapanuli Utara sampai ke desa, satu bulan kita Colaps” ungkap Nikson Nababan

Dan sesuai dengan Instruksi dari Mendagri, Menteri desa serta Menteri Keuangan lanjut Bupati, Dana desa bisa direfokusing untuk penanganan Covid-19

“Jadi warga desa diluar Program Keluarga Harapan(PKH), warga miskin. Dana desa wajib membantu” terangnya.

Nikson nababan juga menekankan, ketika Dana desa anggaran tahun 2020 sudah turun maka akan secepatnya digunakan menangani warga miskin.

Selain Refocusing Dana desa, untuk pengalokasian anggaran penanganan Covid-19 Pemkab Taput juga akan melakukan Refocusing anggaran APBD yang bersumber dari Dan Alokasi Umum (DAU) dan Realokasi anggaran dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Taput, lanjutnya.

Menurutnya, pengalokasian anggaran dari Refocusing dan Realokasi anggaran APBD tahun 2020, bisa mencapai Rp.45M.
Yang akan digunakan untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Kab.Taput.

Disisi lain Bupati juga mengatakan, setiap desa di Kab.Tapanuli Utara sudah memproduksi masker dengan menggunakan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah realisasi.

“Desa sekarang sudah memproduksi masker, dengan ADD yang sudah kita salurkan kemarin. Semua desa kerjasama dengan PKK desa, dan juga semua yang ada penjahit. Mereka sudah melaksanakan pengadaan masker”ujar Nikson

Sedangkan masker yang sudah diproduksi dikatakan Nikson sudah ribuan, sudah ada 13.500 helai.

Nikson nababan juga tidak lupa menghimbau warga Kab.Tapanuli Utara,agar selalu memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: