Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Puskesmas Onan Ganjang Ikuti Pelaksanaan Penilaian EPI dan VPO Surveilans Review

Thursday, 13 February 2020 | 16:26 WIB
Reporter: Jhon S
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 84

Onan Ganjang, liputanfaktanews.com-Pelaksanaan Expanded Program on Imuzation (EPI) and Vaccine Preventable Disease (VPO) Surveilans Review oleh Tim WHO dan Kementrian Kesehatan RI di Puskesmas Onan Ganjang, Kamis, 13/2/2020 berjalan dengan baik.

Adapun yang dinilai dalam Pelaksanaan Expanded Program on Imuzation (EPI) and Vaccine Preventable Disease (VPO) Surveilans Review meliputi manajemen program dan pembiayaan, manajemen SDM, kualitas serta penyediaan vaksin dan logistik, pelayanan imunisasi, cakupan imunisasi dan monitoring KIPI, surveilans PD3I serta advokasi dan komunikasi.

Dalam pelaksanaan itu, Kepala UPT Puskesmas Onan Ganjang dr. Sisca Silalahi nampak menyambut tim penilai diantaranya, dr.Yusuf Nasir (Asal Nigeria) dari WHO, Hj.Rabiatul (Kementrian Kesehatan RI), dr Bangun L.Gaol (Dinkes Propinsi Sumut).

Kepala UPT Puskesmas Onan Ganjang, dr. Sisca Lorenta Silalahi pada kesempatan itu menyatakan rasa bangga dapat dipilih oleh Tim WHO dalam kegiatan ini, ada 15 Propinsi di Indonesia yg dinilai, dari 15 propinsi tersebut hanya dipilih 2 Kabupaten. Ini merupakan sebuah kepercayaan kepada Puskesmas Onan Ganjang. Dimana dalam kriteria penilaian itu, hanya ada dua Puskesmas dalam satu Kabupaten yang akan dinilai, Puskesmas Onan Ganjang adalah salah satunya ikut terpilih dalam penilaian EVI dan VPO Surveilans Review.

“Puji Tuhan, ini harus kami syukuri, dimana Puskesmas Onan Ganjang terpilih dalam penilaian EVI dan VPO Surveilans Review,” ujarnya.

Ditambahkannya, selama kegiatan proses peninjauan ke lapangan semua berjalan dengan baik dan Tim memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pelayanan imunisasi kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Onan Ganjang baik dalam pelaksanaan imunisasi di Posyandu dan pengorganisasian administrasi program imunisasi dan surveilans di Puskesmas.

“Seluruh pertanyaan dari tim penilai dapat kami jawab dan buktikan,” ucap dr. Sisca dengan senyum bahagia.

Dalam kegiatan itu, tim penilai mengunjungi Posyandu di Desa Sibuluan Kecamatan Onan Ganjang. Disana, tim penilai menilai seluruh kegiatan Posyandu terhadap masyarakat. Untuk membuktikan penilaian terhadap Posyandu itu, tim penilai juga melakukan cross check mengunjungi masyarakat langsung secara acak kepada 10 rumah tangga. Kemudian penilaian dilanjutkan ke Puskesmas Onan Ganjang.

dr. Sisca tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Tim penilai dan dan secara khusus kepada Kader Posyandu dan Bidan Desa Sibuluan yang sudah melaksanakan Posyandu dengan baik didampingi pengelola program Imunisasi (korim) Puskesmas Onan Ganjang Desy Christnova Simaremare, dan Pengelola program Surveilans Puskesmas Onan Ganjang Mariana Purba. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kadis Kesehatan Humbang Haasundutan drg.Hasudungan Silaban M.Kes dan Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Romel Pasaribu.

Diakhir acara, Kepala UPT Puskesmas Onan Ganjang bersama jajarannya memberikan kenang-kenangan atas kunjungan Tim WHO, Kemenkes RI dan Dinkes Propinsi Sumatra Utara berupa Ulos dan Kopi Asli buatan Onan Ganjang.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.