Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Pemkab Humbahas Bagikan Ribuan Masker di Pasar Tradisional Onan Ganjang

Saturday, 4 April 2020 | 11:43 WIB
Reporter: Jhon S/Oka
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 309

Onan Ganjang, liputanfaktanews.com-Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melalui sejumlah pimpinan OPD bersama dengan Camat Onan Ganjang yang tergabung dalam satuan tugas Covid-19 terlihat turun langsung membagikan masker kepada pedagang tradisional Onan Ganjang dan masyarakat Onan Ganjang demi menekan potensi penyebaran Virus yang kini telah semakin menyebar di berbagai negara di dunia ini, Sabtu, 4/4/2020.

Sebelum membagikan ribuan masker tersebut, para pimpinan OPD dan Camat Onan Ganjang menyampaikan sejumlah himbauan terkait upaya mencegah wabah virus corona agar tidak masuk di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kepada para pedagang dan pengunjung pasar serta masyarakat Onan Ganjang, pimpinan OPD meminta agar kewaspadaan terhadap paparan virus corona selalau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pimpinan OPD mengajak kepada semua warga masyarakat Onan Ganjang, termasuk para pedagang dan pengunjung untuk lebih berdisiplin lagi menjaga diri dari infeksi virus Corona.

Ferry J. Sitorus S. Sos. MAP Camat Onan Ganjang berpesan kepada masyarakat untuk menaati imbauan menjaga jarak dan kontak fisik secara langsung dengan orang lain.

“Jangan terlalu dekat ya ibu-ibu. Soalnya kita tidak tau siapa yang terpapar virus corona di antara kita ini”.ucapnya

Usai membagikan masker, Camat Onan Ganjang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bukan saja membagikan masker tetapi juga melakukan himbauan kepada masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat.

“Dengan adanya pengumuman resmi dari Pemerintah Pusat bahwa Indonesia telah positif masuknya virus Corona atau Covid-19, hal itu menjadi keprihatinan bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Humbang Hasundutan, di tengah keprihatinan itulah, Tim Terpadu yang telah kita bentuk dalam rangka mengantisipasi dan penanggulangan virus Corona mengambil langkah cepat dan terpadu agar Virus Corona itu tidak masuk di di Humbahas, ” ujar Camat Onan Ganjang.

Jakkon Marbun SE, MM Kabang Kesos yang ikut dalam rombongan mengatakan kepada media Liputan fakta, Pemkab Humbang Hasundutan membagikan ribuan masker merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan untuk mengantisipasi sekaligus untuk memutus rantai penularan Covid-19 kepada seluruh masyarakat, serta merupakan gerakan bersama karena situasi kedaruratan kesehatan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Jakkon juga berpesan kepada masyarakat agar selalu menaati himbauan yang dibuat oleh pemerintah dan juga masyarakat disarankan  berjemur setiap puku. 10.00 – 11.00 Wib, menkomsumsi vitamin-vitamin setiap pagi sesudah makan terutama vitamin E dan vitamin C, mengkomsumsi buah pisang, minuman wedang jahe, sayur dan protein telor daging-dagungan harus tiap hari. Vitamin E banyak terdapat pada minyak zaitun,coconut oli,brokoli,kacang-kacangan dan meminum air hangat yang banyak.

Ditambahkannya, kalau ada rasa sakit di badan, segera diperiksa ke puskesmas terdekat untuk langsung di obati agar jangan ada celah virus masuk karena kondisi tubuh yang lemah.

“Pastikan badan kita saat ini dalam keadaan sehat dan prima dan fokus untuk bangun benteng lawan virus covid-19 dengan menjaga kebersihan diri,” ujarnya

Lebih lanjut Jakkon Marbun mengatakan, Seperti kita ketahui bersama bahwa kebijakan pemerintah untuk meminta warga masyarakat sementara ini lebih banyak tinggal di rumah, tentu membawa konsekuensi pada kondisi ekonomi, termasuk harga kebutuhan pokok masyarakat.

Selain untuk membagikan masker kepada pedangang tradisional dan masyarakat Onan Ganjang, kehadiran Pemkab di pasar tradisional Onan Ganjang juga dalam rangka melakukan pemantauan harga-harga kebutuhan pokok yang kemungkinan terimbas situasi pencegahan Covid-19.” Ucap Jakkon

Pemkab Humbang Hasundutan berupaya agar kondisi pasar akibat kebijakan penanganan virus corona tetap stabil, sehingga tidak ada produk maupun komoditas pokok yang mengalami lonjakan harga ataupun langka di pasar.

Mangasi Purba Tokoh masyarakat Onan Ganjang ikut dalam pembagian masker mengatakan, merasa bangga dan senang atas kebijakan yang dibuat oleh pemkab Humbahas atas pembagian masker kepada masyarakat kecamatan Onan Ganjang, kiranya msyarakat Indonesia secara khusus masyarakat Humbang Hasundutan terhindar dari virus Covid-19 yang sedang menyebar saat ini,” ucap Mangasi Purba dengan santai

Hadir dalam kegiatan itu, Staf Ahli bidang Kesra Drs. Lamhot Hutasoit, MIP, Staf Ahli Bdang Etbang Romon Pakpahan Spd, Kadis Kopedageng Ratna F Marbun SE, SMi, Kadis P2KB Dra Clara Rajagukguk MSi, Kabang Kesos Jakkon SE, MM, Camat Onan Ganjang Ferry J Sitorus S. Soso MAP, Sekcam Onan Ganjang Ajuanda Silaban, Kepala UPT Puskesmas Onan Ganjang dr. Sisca Lorenta Silalahi, Tokoh Masyarakat Kecamatan Onan Ganjang Mangasi Purba dan Kepala Desa se kecamatan Onan Ganjang Mulatua Banjarnahor, mewakili kepala desa se-kecamatan Onan Ganjang turut hadir Kepala Desa Sihikkit, Sihar Marbun.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: