Liputan Fakta News
NEWS TICKER

“Parlomangan”, Lemang Ketan Bambu Orang Humbang

Saturday, 14 March 2020 | 13:13 WIB
Reporter: Jhon S
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 188

Humbahas, liputanfaktanews.com-Pembuatan lemang ketan bambu yang terletak di Desa Parbotihan, Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut. Tempat ini lah menjadi salah satu Ikon persinggahan para pengguna jalan baik menuju Kecamatan Pakkat, Kecamatan Tarabintang, dan juga hendak ke Barus, Banduamas Kabupaten Tapteng.

Lokasinya sangat Asri dan selain sejuk udaranya, hutannya masih alami dan bersih serta di kelilingi dengan pepohonan. Berada dekat dengan ‘Tano Ponggol’. Lokasi ini sangat strategis dan dapat di jadikan tempat untuk beristirahat dari penat letih bagi pelintas.

Menurut cerita Pak Marbun ketika saya dan keluarga-ku berkunjung kelokasi itu, yang kebetulan sekaligus sebagai pemilik atau pengelola Parlomangan ini” Usaha ini sudah ditekuninya sudah puluhan tahun lamanya. “Lomang” dalam bahasa Indonesia “Lemang” miliknya adalah tiap hari dijual disana, Hasilnya sangat memuaskan dan usaha yang menggiurkan.

Lebih lanjut Pak Marbun bercerita, lemang adalah Penganan dari beras ketan yang dimasukkan dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. gulungan daun bambu berisi beras ketan di campur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu di bakar sampai matang.

Racikan mantab, Oleh keluarga Pak Marbun memanjakan saya dan keluarga menikmati rasanya yang empuk dan nikmat dipadu dengan santan dan ketan hitam yang dimasak dengan perlahan.

Kita pun setiap mencicipinya, selain masih hangat pastilah akan nambah, apalagi anda menikmatinya dengan memesan kopi Onanganjang yang khas atau alami lagi.

Untuk harga, Memang sangat terjangkau. Kemasan satu bambu dihargai Rp. 40.000 dan kalau porsi biasa hanya Rp. 2.500 saja. Kesanya juga sempurna karena keluarga Pak Marbun sangat ramah dalam melayani pengunjung dan pelangganya.

Oke kawan-kawan…..
Ingat Lomang….!! jadi mau makan lagi ini. Hehehe Boleh anda coba kalau kesana ya….

Pak Marbun adalah Orang Tua yang penuh dengan kreatif dan patut dicontoh dalam menggeluti usaha sederhana, tapi punya tekad dan kreatif, Sukses Selalu Tulang.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: