Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Panwaslu Pakkat Lakukan Monitoring Pengawasan Tahapan Coklit Data Pemilih Pilkada 2020

Sunday, 19 July 2020 | 10:42 WIB
Reporter: RJ. Manalu
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 91

Pakkat, liputanfaktanews.com-Panwaslu kecamatan Pakkat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh  Petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) di Pakkat, .Sabtu 18/7/2020

Adapun tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih yaitu coklit akan berlangsung mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020.

Komisioner Panwaslu Pakkat Patar Pardede didampingi staf panwaslu kecamatan Pakkat langsung turun ke berbagai desa yang ada di wilayah kecamatan Pakkat untuk memastikan coklit data pemilih pilkada serentak 2020 benar dan sesuai fakta dilapangan.

Sebelum melakukan monitoring ke desa, panwaslu kecamatan Pakkat telah melakukan coklit bersama dengan Petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) Panitia pemungutan suara (PPS) Panitia pemilihan kecamatan (PPK) ke beberapa tokoh masyarakat yang ada di kecamatan Pakkat.

“Monitoring pengawasan coklit ini merupakan proses untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap dari Pemilu atau Pemilihan Terakhir oleh KPU Kabupaten/Kota dibantu oleh PPK, PPS dan PPDP dengan
mempertimbangkan DP4 yang telah dicocokan dan diteliti sebagaimana diatur dalam PKPU 19 Tahun 2019,” ujar Patar Pardede.

Disamping itu beliau juga menjelaskan bahwa pengawasan yang dilakukan panwaslu tersebut bukan semata pengawasan coklit melainkan mereka juga mengawasi Alat Pelindung Diri (APD) penyelenggara pemilihan sesuai protokol kesehatan.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: