Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Menyikapi perkembangan Covid-19, Misa Trihari Suci Dilakukan Lewat Streaming 

Friday, 10 April 2020 | 14:44 WIB
Reporter: Denny Waluya
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 44

Jakarta, liputanfaktanews.com-Plt Direktur Urusan Agama Katolik Kementerian Agama FX Rudy Andrianto menyatakan meniadakan seluruh kegiatan gereja yang bersifat mengumpulkan umat. Keputusan ini sudah melalui kesepakatan dengan pihak gereja.

“Menyikapi perkembangan Covid-19 dari Ditjen Bimas Katolik Kemenag dan pihak gereja sepakat bahwa kita meniadakan semua kegiatan keagamaan kegerejaan yang bersifat mengumpulkan umat,” ujar FX Rudy Andrianto dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Jumat, 10/4/2020.

Imbauan ini, tukasnya, termasuk rangkaian misa Trihari Suci Paskah yang dirayakan umat Kristiani. Karena itu, pihak gereja, akan memberikan kegiatan misa secara online melalui televisi, radio, dan streaming kanal YouTube.

Lebih lanjut, FX Rudy Andrianto meminta umat Kristiani untuk mengikuti misa rumah selama masa Trihari Suci menyambut Paskah. Ia juga meminta umat saling mendoakan agar kondisi pandemi Coronavirus segera berakhir.

“Untuk itu, di masa Paskah ini kita tetap berdoa dan menerima permasalahan Covid-19 dengan tetap di rumah. Berdoa, saling mendoakan, saling memperkuat, sehingga kita bisa cepat lepas dari kondisi ini. Tetap menjaga kesehatan dan memelihara kehidupan,” pungkasnya.

Disiarkan Melalui TV 

Sementara, Gereja Katedral Jakarta Ibadat Jumat Agung dikabarkan akan disiarkan oleh TV. Seperti halnya Kamis Putih kemarin dan ibadah-ibadah lain yang harus diikuti dari kediaman masing-masing lewat saluran internet dan televisi, hari ini hal yang sama juga terjadi, sebagai dampak pandemi Covid-19.

Berkat adanya kerja sama dengan sejumlah stasiun televisi, hari ini, ibadat Jumat Agung kembali ditayangkan dari Gereja Katedral Jakarta.

Akan ada dua ibadat. Pertama, pada pukul 15.00-16.00 WIB, ditayangkan oleh KOMPAS TV dan disiarkan RRI. Ibadah ini dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo dan Konselebran. Kedua, pada pukul 17.00-18.00 WIB, ditayangkan oleh LIFE Channel.

Selamat menunaikan ibadah Trihari Suci atau Paschal Triduum menyambut Paskah bagi yang mengimaninya.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: