Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Kunjungan Ketua MPR RI di Taput, Protap dan Untara Dimungkinkan Berdiri

Friday, 7 February 2020 | 19:05 WIB
Reporter: M. Simanungkalit
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 1004

Taput, liputanfaktanews.com-Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo, SE, MBA, mengisyaratkan pendirian Universitas Tapanuli Raya dan Pembentukan Provinsi Tapanuli bisa terwujud

Hal tersebut dikatakan Ketua MPR menjawab pertanyaan awak media disela sela kunjungannnya ke Kab. Tapanuli Utara dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI.

“Yang dikaji ulang itu adalah Amandemen UUD 1945, Khususnya mengembalikan kembali garis garis besar haluan negara. Atau pokok pokok halun negara supaya jelas arah pembangunan dalam 50 tahun dan 100 tahun yang akan datang,” ujar Bambang soesatyo

Dikatakan ketua MPR, dalam pokok pokok haluan negara itu dimungkinkan untuk memasukkan suatu perencanaan daerah apakah dimekarkan atau disatukan.

Jika dalam kajian Tapanuli Utara dan sekitarnya yang dulunya bersatu dan kemudian termekarkan dimungkinkan dapat disatukan kembali.

Namun semua kemungkinan tersebut tergantung kajian secara ekonomis dan demografis apakah penyatuan kembali daerah dapat mensejahterakan rakyat Tapanuli, sambungnya

“Sebab kita bernegara ini tujuan mensejahterakan rakyat,” terang Ketua MPR-RI

Sementara mengenai pendirian Universitas Tapanuli Raya (UNTARA), yang disebut terkendala akan regulasi pendirian Perguruan tinggi.
Ketua MPR-RI menafikan kendala tersebut.

Bahkan Bambang soesatyo, sesuai masukan Bupati Kab.Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan berjanji untuk menyampaikan kepada Menteri agama.

Agar aset Institut agama kristen jika memungkinkan dialihkan ke Kementerian Pendidikan Tinggi untuk menjadi Universitas Tapanuli Raya.

“Melalui forum ini, saya sudah dapat masukan dari Bupati Tapanuli Utara, akan menyampaikan kepada Menteri agama. Agar aset Institut agama kristen jika dimungkinkan dialihkan kepada kementerian pendidikan tinggi, untuk menjadi Universitas Tapanuli Raya,” tandas Ketua MPR-RI.

Sedangkan bisa tidaknya sebuah Institut keagamaan berobah menjadi universitas umum (sekuler), Bambang menegaskan perobahan itu bisa.

Menilik pernyataan dari ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, pembentukan Provinsi Tapanuli seperti keinginan sebagian besar masyarakat Tapanuli bisa terwujud.

Serta pendirian Universitas Tapanuli Raya yang dicita citakan Bupati Kab. Tapanuli Utara, Drs.Nikson Nababan juga akan terwujud.

Dinformasikan Jumat, 7/2/2020, Ketua MPR-RI melakukan kunjungan ke Kab.Tapanuli Utara dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI.

Ketua MPR-RI beserta rombongan yang tiba dibandara Internasional Silangit sekitar pukul 10.00 Wib langsung bergerak menuju tempat wisata Huta Ginjang.

Selanjutnya menuju Tarutung tepatnya gedung Sopo Patungkoan untuk acara sosialisasi

Selain sosialisasi, kegiatan tersebut juga diisi dengan acara pelantikan pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kab.Tapanuli Utara oleh ketua umumnya St. Edison Manurung.

Dan untuk Kab. Tapanuli Utara KMDT diketuai oleh TP. Nainggolan dengan sekretarisnya Todo Sihombing.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: