Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Kadis Pendidikan Taput Akan Dilantik 2-3 Hari Ini

Wednesday, 9 October 2019 | 18:16 WIB
Reporter: M. Simanungkalit
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 1009

Taput, liputanfaktanews.com-Statement Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si untuk segera melantik Kepala Dinas Pendidikan yang definitif terucap saat kunjungan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu, 9/10/2019.

“Mudah mudahan besok kita bisa lantik kepala dinas yang baru, mudah mudahan 2-3 hari ini,” jelas Bupati.

Dikatakan juga, belum dilantiknya pejabat Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan yang definitif karena sesuai aturan. Bupati harus menunggu enam bulan setelah pelantikan sebelumnya.

Termasuk juga untuk mengangkat kepala sekolah, kepala seksi dan Kepala bidang yang sekarang masih kewenangan Mendagri.

Sedangkan nama calon Kadis Pendidikan yang akan dilantik, Bupati sebut dilihat sesuai usulan ke Kemendagri.
Karena menurutnya sampai tanggal 26 Oktober Bupati masih minta ijin dari Mendagri.

Saat ditanya calon Kadis Pendidikan apakah berasal dari Kabupaten Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyebutkan masih orang Indonesia.

“Yang pasti masih orang Indonesia,” ujar Nikson Nababan.

Sementara terkait dengan kunjungannya ke Dinas Pendidikan, Bupati mengatakan untuk memeriksa dan membahas semua laporan-laporan.

Dimana selama ini yang menjadi point dari visi misi, dan bagaimana dinas Pendidikan ini menunjang dan memantapkan Visi misi menjadikan kabupaten Tapanuli Utara lumbung SDM.

Seperti PAUD, SD, SMP juga guru kedepannya semakin berkwalitas dan sistim pengajar makin baik.

Ditambahkan juga dengan, regulasi-regulasi yang baru serta struktur yang baru dari Kementerian dicoba disosialisasikan dengan kondisi saat ini.

Termasuk mempercepat pelaporan-pelaporan, seperti pelaporan aset dan kekurangan guru yang segera harus diatasi.

“Karena banyak guru PNS kita sekarang ini berkurang, sementara guru dari pusat sangat terbatas” tutup Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan

Sebelumnya pegiat anti korupsi Jeckson Lumbantobing SE, berkomentar terkait lambatnya pelantikan Kadis Pendidikan yang definitif.

Dikatakan Ketua Bidang Investigasi Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi( GNPK-RI) ini, Dinas pendidikan sangat vital bagi pembentukan moral dan karakter dari anak didik pada suatu daerah.

Bidang pendidikan harus membutuhkan penanganan serius, mengingat kurun waktu 5 tahun dinas ini diterpa kasus memalukan dimana kasusnya OTT, dugaan pelecehan guru pada siswa hingga pelaksana Kadis yang berganti ganti.

Karena itu dibutuhkan pejabat yang definitif, sosok yang mumpuni, punya integritas dan mampu mendiagnosa dan memetakan persoalan secara akurat.

Dan dapat mengeksekusi programnya secara otonom dan mandiri dan punya skala prioritas tanpa intervensi kepentingan pribadi atau golongan.

“Dan kalau pejabat kadis masih dijabat rangkap jangan harap dan jangan mimpi bisa menjadikan Kabupaten Tapanuli Utara lumbung SDM,” tandas Jackson.

Seperti diketahui sejak JP Kadis Dinas Pendidikan Desember 2016 tersangkut kasus OTT, dari awal tahun 2017 sampai Maret 2019 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara tidak pernah definitif, selalu dijabat pelaksana tugas (Plt).

Dan April 2019 Marusaha Nababan dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan, namun hanya satu bulan bertahan. Pada bulan Mei 2019 Marusaha mengundurkan diri dengan alasan sakit.

Setelahnya Kepala Dinas dipercayakan kepada Indra Simare-mare sebagai Plt, yang juga sebagai kepala Bappeda Kabupaten Tapanuli Utara sampai sekarang.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: