Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Jhoni Allen Marbun Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Hutaraja Humbahas

Saturday, 8 February 2020 | 16:30 WIB
Reporter: Lamhot Lumban Gaol
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 339

Dolok Sanggul, liputanfaktanews.com-Dihadapan ratusan masyarakat desa Hutaraja kecamatan Dolok Sanggul, Anggota MPR RI dr. Jhoni Allen Marbun menyebut MPR RI saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi empat pilar yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikan Jhonny Allen saat melakukan sosialisasi Empat Pilar di Desa Hutaraja, kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu, 8/2/2020.

Kehadiran 4 Pilar inilah yang menguatkan bangsa kita saat ini, nilai-nilai Pancasila yang kita amalkan ini hanya ada di Indonesia, kita dari berbagai latar belakang agama bisa hidup rukun dan tenteram karena Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika,” terangnya.

Allen mengatakan budaya batak falsafah dalihan natolu, somba marhula-hula, manat mardongan tubu dohot elek marboru merupakan bagian dari empat pilar kebangsaan yang sedang kita bangun saat ini.

“Falsafah dalihan natolu adalah dasar utama yang harus kita tetap jaga untuk membangun kebersamaan dalam perbedaan untuk saling menghormati,” ujarnya.

Dihadapan peserta sosialisasi yang juga dihadiri utusan dari desa Lobu Siregar, desa Pasaribu,  desa Sileang, desa Hutabagasan, desa Sosor Gonting,  Allen mengaku sangat senang dan bangga bisa datang di desa Hutaraja. 

Allen berharap, masyarakat dapat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sosialisasi Empat Pilar kata dia, harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

Untuk itu, kata Allen, dirinya sebagai anggota MPR RI turun langsung ke konstituen dan masyarakat untuk mengingatkan kembali prinsip bernegara dan membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

“Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa. Bangsa kita solid dan terbebas dari penjajah jika masyarakatnya menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan ini di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Diakhir acara, secara simbolis Jhoni Allen memberikan sertifikat kepada utusan setiap desa yang hadir.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.