Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Gulirkan Program Unggulan, Dinas Sosial Pemkab Humbahas Akan Lakukan Pendataan PMKS 2020

Thursday, 6 February 2020 | 15:44 WIB
Reporter: Lamhot Lumban Gaol
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 83

Humbahas, liputanfaktanews.com-Dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, disebutkan bahwa kesejahteraan sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Karena itu, Pemerintah  Kabupaten Humbang Hasundutan akan melakukan pendataan PMKS yang merupakan program unggulan Dinas Sosial Humbang Hasundutan 2020. 

Untuk mewujudkan itu, melalui dana APBD, Dinas Sosial Humbang Hasundutan akan melakukan pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial PMKS) di  sepuluh kecamatan se-Humbang Hasundutan. 

“Dengan begitu akan diperoleh  data secara lengkap  (by name by address) yang akurat, mutakhir dan terpercaya,” ujar Kepala Dinas Sosial Humbang Hasundutan,  Eben V Simanungkalit. 

Eben menyampaikan itu disela acara rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan di Aula Hutamas, Dolok Sanggul, Kamis, 6/2/2020.

Mengutip Peraturan Menteri Sosial  (Permensos) RI No. 8 Tahun 2012 disebutkan, ada 26 PMKS dan 12 PSKS. 

Sedangkan data PMKS dan PSKS yang lain akan diperoleh dari instansi/lembaga lain yang berwenang.

Terkait itu, Dinas Sosial Humbang Hasundutan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan kegiatan pendataan PMKS dan PSKS tahun 2020.

“petugas pendataan akan menyiapkan data itu di tingkat desa serta dengan beekoordinasi ke kabupaten,” jelas Eben.

Lebih lanjut dikatakan, pemuntahiran itu dilakukan untuk mendapatkan data base atau basis data PMKS se-Humbang Hasundutan. Guna mendukung kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial.

Adapun tujuannya untuk mendapatkan data yang lengkap. Masukan itu menjadi bahan pertimbangan pimpinan  mengambil kebijakan dan keputusan.

Tujuan lainnya agar diketahui perubahan sosial dari waktu ke waktu.

“Baik populasi, permasalahan yang muncul maupun persebarannya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sasaran pendataan untuk menggali atau mengetahui secara pasti data terkini PMKS di setiap desa yang ada di Humbahas. Pendataan dilakukan melibatkan secara langsung aparat pemerintah desa.  

Petugas pendata nantinya akan melakukan pencocokan data PMKS by name by address. Adapun jenis data meliputi anak balita terlantar (ABT), anak terlantar (AT), lanjut usia terlantar (LUT) dan keluarga bermasalah sosial psikologis, penyandang disabilitas, bekas warga binaan lembaga pemasyarakatan (BWBLP) dan lain sebagainya.

Data PMKS dari instansi/lembaga meliputi fakir miskin, korban bencana alam, korban bencana sosial, orang dengan HIV/AIDS, BWBLP dan kelompok minoritas. Selanjutnya, korban traffiking, anak berhadapan dengan hukum dan anak memerlukan perlindungan khusus. Sedangkan data PSKS dari instansi/lembaga terdiri atas pekerja sosial profesional, Tagana, LK3, penyuluh sosial, TKSK dan dunia usaha.

PMKS meliputi perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani maupun sosial secara memadai dan wajar,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.