Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Dalang Pengrusakan Rumah di Pahae Jae Diamankan, 2 Pelaku Lainnya Dalam Pencarian

Sunday, 16 February 2020 | 13:50 WIB
Reporter: M. Simanungkalit
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 227

Taput, liputanfaktanews.com-NG dalang pengrusakan 3 unit rumah di Desa Setia,Kec.Pahae jae,Kab.Tapanuli Utara, Sumut ini telah diamankan oleh Polsek Pahae Jae.

Sementara dua orang yang ikut membantu NG melakukan pengrusakan inisial FM dan H warga Padang sidempuan,Kab.Tapanuli Selatan menjadi target pencarian Polres Kab.Tapanuli Utara.

Hal tersebut di ungkap Aiptu W. Baringbing, Kasubbag Humas Polres Tapanuli Utara Minggu, 16/2/2020 kepada liputanfaktanews.com.

Dikatakan, NG diamakan setelah mendapat laporan dari salah satu pemilik rumah Sahala Tua Gultom melalui putrinya H. br. Gultom ke Mapolsek Pahae Jae Jumat, 31/1/2020.

“Memang saat ini kita sudah mengamankan NG, dalang pengrusakan tiga unit rumah di Pahae jae. Sedang dua orang lagi dilakukan pencarian” beber Baringbing

Dari pengakuan NG lanjut Kasubbag Humas, NG menyebutkan ternyata rumah yang dirusak bukalah rumahnya. NG juga mengakui tidak pernah melakukan komunikasi dengan pemilik ketiga unit rumah tersebut.

Sedangkan pasal yang dipersangkakan sebut Baringbing, Pasal berlapis yakni Pasal 170 dan 406 KUHP tentang pengrusakan dengan ancaman hukuman penjara diatas 5 tahun.

Sementara H. br Gultom kepada awak media sebelumnya menuturkan, diketahuinya pengrusakan itu saat dirinya pulang dari tempat kerja. Melihat rumah orangtaunya dan dua unit rumah lainnya dibongkar NG dan dua orang temannya.

Dan saat itupun ibu yang berprofesi guru ini menghampiri serta menanyakan dua orang suruhan dari NG. Akan tetapi keduanya menjawab hanya disuruh NG.

“Melihat kejadian itu saya tanya langsung dua orang teman NG yang berinisial FM dan H yang sedang melakukan pembongkaran, mereka mengakui dari Sidempuan disuruh NG untuk membongkar ketiga rumah tersebut,” tutur H.br Gultom.

Selanjutnya H. br Gultom yang juga saudara kandung Budiman Gultom, Kadis Perkim Kab.Tapanuli Utara ini melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pahae Jae.

Dari ibu guru ini juga terungkap, bahwa NG tinggal di dusun Setia masih hitung bulanan, yang sebelumnya tinggal di Kodya Padang Sidempuan.

Dan selama tinggal di desa Setia, NG kerap berlaku arogan. Dengan telanjang dada mengancung ancungkan parang menantang siapapun yang menghalanginya membongkar ketiga rumah tersebut.

Untuk itu H.br. Gultom berharap, NG yang sudah meresahkan dan ditambah lagi kasus pembongkaran rumah orang tuanya agar ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku. Dan kedua orang suruhan NG juga supaya ditangkap.

Disisi lain Kepala Desa (Kades) Setia Saipul Pakpahan membenarkan pengrusakan itu dilakukan oleh NG dibantu dua orang temannya.

Diterangkan Kades, awal September 2019. NG membuat surat pemberitahuan agar ketiga unit rumah tersebut dikosongkan dalam jangka waktu 60 hari.

Dan setelah menerima surat tersebut lanjut Kades, NG sempat dilarang dan dinasehati agar kompromi dulu dengan pemilik rumah. Bahkan surat itupun pernah didiskusikan dengan Babinsa dan Babinkamtibamas Pahae Jae.

Sehingga mereka juga melarang serta menasehati NG agar komunikasi dulu, akan tetapi NG tidak peduli tetap pada niatnya melakukan pembongkaran, lanjut Kades

“Ya saya sendiri juga ada menerima surat pemberitahuan tersebut. Dan itu saya diskusikan dengan Babinsa serta Babinkamtibmas Pahae Jae” ungkap Saipul.

Saipul juga mengatakan bahwa NG sudah resmi warga Desa Setia dan berdomisili di desa tersebut.

Sedangkan terkait dengan masalah hukum, Kades Saipul mengatakan biarlah sepenuhnya menjadi tanggung jawab yang berwajib.sebab NG tidak menghormatinya sebagai kepala desa

“Untuk masalah itu biarlah sepenuhnya tanggung jawab yang berwajib, sebab selama ini NG tidak menghormati saya,” tandas Saipul.

Amatan dilokasi, tiga unit rumah telah rata dengan tanah, didusun Sirihit-rihit, desa Setia, Kec. Pahae Jae, Kab.Tapanuli Utara, Sumut.

Ketiga rumah tersebut dimilki oleh Nurpaida Gultom, Pak Rudi Sitompul dan Sahala Tua Gultom yang merupakan ayah dari Kadis Perkim Kab.Tapanuli Utara, Budiman Gultom.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: