Liputan Fakta News
NEWS TICKER

Cegah Covid-19, Rutan dan Lapas di Taput Stop Berkunjung

Friday, 27 March 2020 | 18:34 WIB
Reporter: M. Simanungkalit
Posted by: Liputan Fakta News
Dibaca: 219

Taput, liputanfaktanews.com-Untuk menghambat penyebaran Virus corona-19 dilingkungan Rumah tahanan negara (Rutan) dan juga di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kab.Tapanuli Utara telah menyiapkan sejumlah langkah Antisipasi.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) klass IIB Tarutung Muh.Nurdin Tanjung kepada awak media dikantornya Jalan Kolonel. S. Tubun, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumut, Jumat, 27/3/2020 mengutarakan hal tersebut

KPR yang didampingi oleh Kepala sub seksi Pelayanan Tahanan J. Pakpahan dan team kesehatan Rutan mengatakan, penanganan terkait dengan Covid-19 sesuai dengan arahan dari Pemkab Tapanuli Utara serta surat edaran dari Kemenkumham.

“Untuk menangani Covid-19 ini, kita mengikuti surat edaran dari Pemda juga surat edaran dari pusat,” terang KPR.

Disamping sosialisasi kepada warga binaan,beberapa langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Rutan Tarutung dengan melarang pengunjung bertamu kepada warga binaan, tambahnya

Selain itu, Rutan Tarutung juga sesuai arahan dari Kemenkumham. Bahwa penerimaan Tahanan serta pengiriman tahanan dari dan ke Lapas atau Rutan yang lain sudah di stop, sambung Muh.Nurdin.

Diluar dari langkah antisipasi tersebut, Rutan yang dihuni 256 warga binaan dengan 20 kamar ini sudah disemprot desinfektan. Juga sudah disiapkan Wastafel cuci tangan, hand sanitizer di setiap Blok tahanan. Dan pembuatan Masker yang langsung dikerjakan(Red-dijahit) oleh warga binaaan serta membuat Bilik dekontaminasi.

Muh.nurdin mengakui pembuatan masker adalah atas prakarsa dan bantuan Pemkab Tapanuli Utara berupa mesin jahit dan Bahan untuk membuat masker. Dan saat ini masker masih diperuntukkan bagi warga binaan yang sakit. Sedang bagi warga binaan yang sakit, semisal Flu, pilek, batuk atau demam akan diisolasi.

KPR juga menyebutkan adanya perobahan pola pembinaan Tahanan, dimana setiap pagi dan sore warga binaan diwajibkan untuk berjemur selama satu jam. Dan demikian juga waktu olah raga menjadi tiga kali dalam satu minggu.

“Tiap pagi sore warga binaan kita buat berjemur selama satu jam dengan buka baju,” urai KPR

Senada, Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klass IIB Siborong borong J. Sianturi melalui aplikasi WA mengatakan saat ini Lapas sudah dua kali disemprot Desinfektan.

Disisi lain lanjut KPLP, selain menyediakan Hand sanitizer, masker juga bilik dekontaminasi.Lapas Siborong borong juga sudah men-stop waktu berkunjung warga binaan untuk mengantisipasi penyebaran virus dari luar Lapas.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

liputanfaktanews.com Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.
%d bloggers like this: