Usai melakukan tanam perdana, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor berharap tanaman bawang putih milik kelompok tani OB Nauli ini dapat berhasil sesuai harapan dan menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya yang ada di kecamatan peranginan.

“Dengan kita tumbuhkembangkan pertanian ini, kedepannya harapan kita dapat meningkatkan perekonomian para petani. Dengan meningkatnya ekonomi rakyat tentu para petani akan senang dan sejahtera,” jelasnya.

Apa yang diprogramkan pemerintah saat ini adalah semata untuk rakyat, mensejahterakan rakyat.

“Untuk itu, saya berharap masyarakat yang memiliki lahan pertanian untuk bersedia membudidayakan bawang putih karena ini adalah potensi yang sangat baik demi kesejahteran dan peningkatan pendapatan petani,” jelas Bupati disambut tepuk tangan para kelompok tani.

Kepada Penyuluh dan para petani, Bupati mengajak untuk serius dalam pengembangan budidaya bawang putih.

“Para penyuluh dan masyarakat harus aktif melihat lahan tidur untuk difungsikan demi terlaksananya program pemerintah dibidang pertanian khususnya bud idaya bawang putih ini,” terangnya.

Terpisah, Ketua Kelompok Tani OB Nauli, Holong Siregar sangat berbangga hati sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor yang telah menyempatkan waktunya hadir di desa Pearung Silali untuk melakukan tanam perdana bawang putih.

“Atas nama kelompok tani OB Nauli, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Humbang Hasundutan dapat hadir memenuhi undangan kami bersama jajarannya, semoga tanaman bawang putih kelompok tani OB Nauli ini berhasil sesuai harapan kita bersama,” sebutnya.

Ditambahkannya, tanaman bawang putih yang berasal dari Dinas Pertanian Humbang Hasundutan dengan parietas Sangga Sembalun dikelola langsung oleh kelompok tani OB Nauli yang berjumlah 20 orang yang mana anggotanya merupakan keturunan satu oppu, yaitu Oppu Brisden Nauli.

Adapun luas areal yang dipersiapkan kelompok tani OB Nauli adalah seluas setengah hektar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Pertanian Junter Marbun, Kepala Inspektorat BP Siahaan, Asisten III Janter Sinaga, Camat Paranginan Parlin Siahaan, Kepala Desa Pearung Silali Mingguan Siregar, Kabid Pertanian Habeahan, PPL Kecamatan, PPS Desa dan anggota Kelompok Tani OB Nauli.